JESA
Vol 3 No 2 (2019): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April

PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VI SDN MEKARSARI KECAMATAN JATINANGOR

Karlinah Karlinah (SD Negeri Mekarsari)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap keterampilan menulis narasi siswa Kelas VI SDN Mekarsari Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada nilai post-test pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa penayangan video pembelajaran dengan kelas kontrol yang hanya berupa metode konvensional. Pada uji t(T-Test) diperoleh nilai sig. (2-tailed) yang menjadi salah satu acuan penghitungan diperoleh nilai sebesar 0,010. Jika nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi) maka terdapat pengaruh antara hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...