JESA
Vol 3 No 2 (2019): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April

UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BACA TULIS AL-QURAN (BTA) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA KELAS VI SD NEGERI HEGARMANAH I

Suhaeti Suhaeti (SD Negeri Hegarmanah 1)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2019

Abstract

Di SD Negeri Hegarmanah 1 Kecamatan Jatinangor, guru menentukan mutu pendidikan, disini gurulah yang paling penting dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia. Guru berhadapan langsung dengan para peserta didik dikelas melalui proses belajar mengajar. Oleh sebab itu dalam proses belajar mengajar motivasi sangat dibutuhkan untuk membangkitkan semangat dalam mempelajari agama Islam. Dengan proses belajar mengajar yang monoton siswa akan merasakan kejenuhan saat proses belajar mengajar, maka adanya strategi pembelajaran tutor sebaya akan membantu dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam khususnya kemampuan siswa dalam memahami pelajaran Baca Tulis al-Quran (BTA). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Adakah peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI maateri baca tulis al-Quran (BTA) dengan menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Siswa kelas VI SD Negeri Hegarmanah 1 Kecamatan Jatinangor. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan belajar siswa dalam pembelajaran PAI Materi Baca Tulis al-Qur’an (BTA) setelah diterapkannya model pembelajaran Tutor Sebaya pada kelas VI SD Negeri Hegarmanah 1 Kecamatan Jatinangor. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian ini adalah Guru agama, dan Siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi.Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi dengan pola pemikiran induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa usaha guru dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan cara, memberikan hukuman, hadiah, pujian, angka, ulangan, saingan atau kompetensi, minat, hasrat untuk belajar, tujuan yang diakui, mengetahui hasil dan ego-involment. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran di kelas setelah menggunakan strategi pembelajaran tutor sebaya antara lain yaitu:pertama Siswa lebih tekun menghadapi tugas dari guru (dapat bekerja terus menerus dalam waktu yang lama, tidak pernah berhenti sebelum selesai).Kedua Menunjukkan minat (minat untuk mempelajari bacaan tulia al-Qur’an).Ketiga Tidak mudah melepaskan hal yang sudah diyakini.keempat Ulet menghadapi kesulitan. Faktor penghambatnya adalah 1) Siswa tidak memiliki dasar pengetahuan yang relevan maka metode ini menjadi tidak efektif. 2) Kemungkinan didominasi oleh siswa yang suka berbicara. 3) Tidak semua guru benar-benar memahami cara masing-masing siswa bekerja di kelompok. 4) Memerlukan perhatian guru yang ekstra kuat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...