JESA
Vol 3 No 2 (2019): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI SINDULANG MATERI FPB DAN KPK MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

Nunung Rohaeni (SD Negeri Sindulang Cimanggung)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika khususnya pada materi FPB dan KPK dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SD Negeri Sindulang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif komperatif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaranKooperatif Numbered Heads Together (NHT) tejadi suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan, pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 14 siswa atau 77,78 %, nilai tidak tuntas pada siklus I adalah 4 siswa atau 22,22 %, sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 17 siswa atau 94,45 %. Disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika khususnya materi FPB dan KPK.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...