JESA
Vol 3 No 2 (2019): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April

EFEKTIFITAS PROGRAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP ETOS KERJA MANDIRI GURU DI SD NEGERI NEGLASARI KECAMATAN SITURAJA 2017

Empong Yayah Syamsiah (SD Negeri Neglasari)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2019

Abstract

Kedisiplinan dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan kompetensi guru dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pengajaran di kelas. Disiplin dalam menepati waktu kehadiran, keaktifan dan kerapian merupakan kunci utama dalam meningkatkan kompetensi guru sehingga pembinaan akan kedisiplinan dalam KBM sangat penting untuk meningkatkan kompetensi guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa terdapat peningkatan kompetensi guru yang meliputi ketepatan waktu mengajar, kerapian seragam guru, kerajinan dalam penyusunan RPP dan pelaksanaan RPP dalam KBM , setelah mendapatkan program pembinaan kedisiplinan. Rata-rata hasil yang diperoleh pada siklus 1 adalah 6,697 dan pada siklus 2 adalah 8,075 , yang berarti ada peningkatan sebesar 17, 065%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...