JESA
Vol 3 No 2 (2019): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April

PEMBELAJARAN SPEAKING DENGAN METODE ROLE PLAY MENGGUNAKAN TEKS BERBENTUK NARRATIVE PADA SISWA KELAS IX SMPN 1 PASEH

Oo Faturrohman (SMP Negeri 1 Paseh)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh (1) format RPP metode role play untuk peningkatan kemampuan speaking siswa dalam teks berbentuk narrative, (2) bentuk pelaksanaan pembelajaran speaking dengan metode role play dalam teks berbentuk narrative, (3) sistem evaluasi untuk pembelajaran speaking dalam teks berbentuk narrative dengan metode role play, dan (4) peningkatan keterampilan speaking siswa dalam teks berbentuk narrative menggunakan metode role play yang tepat. Penelitian ini menggunakan model PTK yang terbagi menjadi tiga siklus pada siswa kelas IX.A dan IX.B SMPN 1 Paseh. Siklus I dengan media naskah cerita berbentuk fable, siklus II dengan media naskah cerita berbentuk fairy tales, dan siklus III dengan media naskah cerita berbentuk bebas. Instrumen penelitian berupa pedoman penskoran aspek speaking dan panduan observasi.Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat ditarik beberapa kesimpulan, yaitu: (1) Sintak RPP yang dirancang metode role play meliputi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut, (2) pelaksanaan pembelajaran dengan metode role play yang baik memerlukan peran aktif guru yang meliputi penyiapan pembelajaran, pengorganisasian materi teks narrative dengan metode role play yang menggunakan media naskah cerita fabel, fairy tales, dan teks narrative bebas sampai penilaian hasil belajar, serta peran aktif siswa dalam mengemukakan pendapat, menjawab dan mengajukan pertanyaan, berlatih bermain peran dengan melafalkan dan menggunakan kata dan tense yang benar, (3) sistem evaluasi dengan Pedoman Penskoran Aspek Speaking pada Teks Narrative dengan Menggunakan Metode Role Play, dan (4) keterampilan siswa dalam berbicara pada teks berbentuk narrative dengan menggunakan metode role play meningkat, yakni pada siklus I sebesar 58%, pada siklus II sebesar 74,5%, dan pada siklus III sebesar 86,5%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...