JESA
Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Edukasi STKIP Sebelas April

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN STRUKTUR MATERI SISTEM RESPIRASI DI KELAS XI MIA MAN 2 SUMEDANG

Sekarwati Sukmaningrasa (MA Negeri 2 Sumedang)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk megetahui peningkatan hasil belajar biologi melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Pendekatan Struktural di kelas XI MIA MAN 2 Sumedang. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI MIA sebanyak 40 orang. Parameter penelitian adalah hasil belajar, ketuntasan belajar, skor perkembangan dan penghargaan dengan alat pengumpul data berupa tes. Aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dikumpulkan dengan lembaran observasi merupakan data penunjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada siklus I 54,8% dari siswa tuntas dan pada siklus II 76,2% siswa tuntas,skor perkembangan siswa pada siklus pertama 3 pasang baik, 10 pasang hebat dan 7 pasangan super. Pada siklus II 2 pasang baik,7 pasang hebat, dan 12 pasang super, analisis data dengan menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning dengan pendekatan struktural dapat meningkatkan hasil belajar biologi materi pelajaran sistem respirasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...