Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk megetahui peningkatan hasil belajar biologi melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Pendekatan Struktural di kelas XI MIA MAN 2 Sumedang. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI MIA sebanyak 40 orang. Parameter penelitian adalah hasil belajar, ketuntasan belajar, skor perkembangan dan penghargaan dengan alat pengumpul data berupa tes. Aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dikumpulkan dengan lembaran observasi merupakan data penunjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada siklus I 54,8% dari siswa tuntas dan pada siklus II 76,2% siswa tuntas,skor perkembangan siswa pada siklus pertama 3 pasang baik, 10 pasang hebat dan 7 pasangan super. Pada siklus II 2 pasang baik,7 pasang hebat, dan 12 pasang super, analisis data dengan menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning dengan pendekatan struktural dapat meningkatkan hasil belajar biologi materi pelajaran sistem respirasi.
Copyrights © 2018