JESA
Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Edukasi STKIP Sebelas April

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TENTANG SIFAT- SIFAT BENDA CAIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KADUJAJAR II KECAMATAN TANJUNGKERTA KABUPATEN SUMEDANG

Elin Nurliani (SD Negeri Kadujajar II)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2018

Abstract

Pada pembelajaran IPA di SDN Kadujajar II Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang tentang sifat-sifat benda cair di kelas IV mengalami kesulitan-kesulitan sehingga hasil belajar anak tidak optimal dan kurang mendorong siswa aktif dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dengan tahapan orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data , menguji hipotes dan merumuskan kesimpulan. Dalam penelitian ini dirumuskan beberapa masalah yaitu: 1)Bagaimanakahperencanaanpenerapan model pembelajaran inkuiri tentang sifat-sifat benda cair dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SDN Kadujajar II Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang ? 2) Bagaimanakahpelaksanaan penerapan model pembelajaran inkuiri tentang sifat-sifat benda cair dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SDN Kadujajar II Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang ? 3) Bagaimanakahpeningkatanhasilbelajarpenerapan model pembelajaran inkuiri tentang sifat-sifat benda cair dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SDN Kadujajar II Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) merujuk pada model siklus meliputi rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kadujajar II tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 siswa. Tahapan penelitian ini dilakukan tiga siklus. Berdasarkan pada data hasil siklus I, II dan III, peneliti memperoleh hasil yang memuaskan. Persentase ketuntasan siswa siklus I adalah 45 %, siklus II mencapai 70 % dan siklus III mencapai 90 %. Aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I mencapai 40 %, siklus II mencapai 50 % dan pada siklus III mencapai 80 %. Dengan demikian pembelajaran tentang sifat-sifat benda cair dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran akan lebih bermakna.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...