JESA
Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Edukasi STKIP Sebelas April

PENGARUH MODEL MENGAJAR TGT TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK

Dadang Budi Hermawan (STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Pencapaian tujuan pendidikan khususnya pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tidak dapat dicapai dengan mudah, hal ini dikarenakan masih ditemukannya permasalahan di dalam pelaksanaannya. Salah satunya masih ada kurangnya guru yang berkompetensi dalam mengajarkan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, hal ini dikarenakan masih ditemukannya mengajar yang tidak bersesuai dengan bidang akademik keahliannya. Berdasarkan pengamatan peneliti di SMK KORPRI Sumedang, bahwa permasalahan yang timbul adalah masih rendahnya tingkat pengetahuan siswa tentang teknik-teknik lompat jauh. Berdasarkan permasalahan umum yang dihadapi khususnya gerak dasar lompat jauh gaya jongkok, maka peneliti merasa tertarik melakukan penilitian pada siswa kelas X SMK KORPRI Sumedang dengan menggunakan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis melalukan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen. Instrument yang digunakan yaitu tes lompat jauh yang ditulis Syarifudin (1992). Tes tersebut dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu tes awal dan tes akhir. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Sampling purposive. Sampel yang diambil sebanyak 25% dari jumlah populasi yaitu sebesar 29 siswa. Berdasarkan hasil dari pengolahan data, penulis dapatmenarik simpulan bahwa model pembelajaran TGT memiliki pengaruh terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas X SMK KORPRI Sumedang. Adapun besarnya pengaruh taraf signifikannya ditentukan dengan hasil uji peningkatan yang menunjukan hasil signifikan pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan 28, yaitu (thitung>ttabel yaitu17.4 > 1.701) dengan peningkatan rata-rata sebesar0,30.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...