JESA
Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Edukasi STKIP Sebelas April

PENGARUH OLAH RAGA REKREASI HIKING TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA DI SMA NEGERI 1 CONGGEANG KABUPATEN SUMEDANG

Sheila Dwi Loviani (STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh olahraga rekreasi hiking dalam meningkatkan kebugaran jasmani para siswa SMA Negeri 1 Conggeang – Sumedang. Metodologi yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah eksperiment dengan cara memberikan treatment hiking selama 12 kali pertemuan dilakukan 3 kali dalam satu minggu. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Conggeang yang mengikuti ektrakulikuler hiking dan sebagai control sampelnya adalah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler non olahraga, sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 20 orang dari total 40 orang yang mengikuti ekstrakulikuler olahraga hiking karena kebetulan hanya 20 orang yang telah mengikuti olahraga rekreasi hiking selama 6 bulan, terdiri dari 12 orang laki –laki dan 8 orang perempuan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperolehdata hasil yaitu: secara keseluruhan siswa yang mengikuti ekstrakulikuler hiking antara laki-laki dan perempuan terdapat perbedaan yang berarti yaitu kebugaran jasmani siswa laki-laki lebih baik di bandingkan dengan kebugaran jasmani perempuan. Hal ini dikarenakan ketika melakukan olahraga rekreasi hiking, siswa laki-laki lebih intensif dan sungguh-sungguh dalam melakukannya sehingga kebugaran jasmaninya pun lebih baik. Sedangkan sebagai kontrol sampelnya adalah siswa yang tidak mengikuti ekstrakulikuler olahraga menunjukan perbedaan yang berarti, namun siswa yang mengikuti ekstrakulikuler hiking menunjukan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti ekstrakulikuler non olahraga.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...