JESA
Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Edukasi STKIP Sebelas April

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI SIFAT-SIFAT SISTEM PERIODIK DI KELAS X MIA 1 MAN 2 SUMEDANG

Dedeh Kurniasih (MA Negeri 2 Sumedang)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk megetahui peningkatan hasil belajar kimia melalui Model Pembelajaran Flipped Clasroom di kelas X. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X MIA 1 MAN 2 Sumedang sebanyak 20 orang. Parameter penelitian adalah hasil belajar dan ketuntasan belajar, skor data berupa tes. Aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dikumpulkan dengan lembaran observasi merupakan data penunjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada siklus I 55 % dari siswa tuntas dan pada siklus II 90 % siswa tuntas. Analisis data dengan menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Flipped Clasroom dapat meningkatkan hasil belajar kimia materi materi sifat-sifat sistem periodik kimia.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...