JESA
Vol 4 No 1 (2020): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April

Permainan Edukatif Memancing Huruf untuk Proses Pra-Membaca Di Ra Al Falah Darmaraja Sumedang

Wulanda Aditya Azis Wulanda Aditya Azis (STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2020

Abstract

Identifikasi masalah mengenai kemampuan bahasa pada anak diantaranya masih belum bisa mencocokkan huruf yang ditunjukkan guru, masih keliru menyebutkan huruf. dan belum mampu merangkai huruf menjadi kata. Alternatifnya agar dapat memahami dan hapal huruf beserta lambangnya maka harus ada media edukatif yang bisa mempercepat anak hapal huruf yaitu dengan aktivitas memancing huruf. Penelitiannya di RA Al-Falah Dusun Kamenteng RT 04/06 Desa Cieunteung Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Subjek penelitiannya yaitu 10 anak usia 5-6 tahun di kelompok B yang berada di RA Al-Falah Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang, terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Teknik Pengumpulan datanya menggunakan observasi dan unjuk kerja. Indikator dalam penelitian ini yaitu untuk melihat kemampuan anak dalam menyebutkan huruf a-z., menyebutkan huruf vokal dan konsonan, menunjukkan huruf vocal, menunjukkan huruf konsonan.dan menyusun suku kata menjadi kata. Analisis hasil bahwa kemampuan menyebutkan huruf a-z 45%, kemampuan menyebutkan huruf vokal dan konsonan 35%, kemampuan menunjukkan huruf vokal dan konsonan yaitu 38%, kemampuan menyusun suku kata 43%. Berdasarkan data diatas kemampuan membaca anak setelah diterapkannya permainan memancing huruf nilai rata-ratanya menjadi 39%. Tetapi hasi l ini masih belum cukup, karena terlihat anak masih merasa kesulitan dalam menunjukkan huruf vokal dan konsonan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...