Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 3 No 1 (2020): Sustainable

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Menyebutkan Kehidupan Sosial Budaya dari Negara-negara ASEAN Terkait Kondisi Geografisnya dengan Pendekatan VCT (Value Clarification Teaching) pada Siswa Kelas VI SD Negeri Dendeng

Yana Fansita Taopan (SD Negeri Dendeng)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan pendekatan VCT (value Clarification Teaching). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas, Tahapan penelitian tindakan pada suatu siklus meliputi perencanaan atau pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil pendekatan VCT (Value Clarification Teaching) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VI SD Negeri Dendeng pada materi Menyebutkan Kehidupan Sosial Budaya dari Negara-negara ASEAN Terkait Kondisi Geografisnya Tahun Ajaran 2019/2020 dengan peningkatan pada siklus I rata-rata hasil belaja 67,7 dengan persentase ketuntasan 47% sedangkan pada siklus II rata-rata 84,36 dengan persentase ketuntasan 96%. Dengan ini maka pendekatan yang digunakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...