Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan kelas V yang dilaksanakan di SD IT VIP AL HUDA KEBUMEN dalam membentuk keterampilan cabang olahraga, aktivitas bermain, dan penanaman nilai-nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tanggapan siswa tentang tingkat kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran penjasorkes kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif, proses dalam pengumpulan data menggunakan metode survei, teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD IT VIP AL HUDA KEBUMEN yang berjumlah 36 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan teknik expert judgement oleh dosen ahli dan guru penjasorkes di SD IT VIP AL HUDA. Hasil dari penelitian tanggapan siswa tentang tingkat kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran penjasorkes kelas V SD IT VIP AL HUDA KEBUMEN berada pada kategori baik. Kategori baik ini ditandai dengan frekuensi terbanyak dari 36 siswa yaitu 12 siswa dengan presentase 33,3%. Secara rinci terdapat 8 siswa (22,2%) dalm kategori sangat baik, 12 siswa (33,3%) dalam kondisi baik, 10 siswa (27,8%) dalam kondisi tidak baik, 6 siswa (16,7%) dalam kondisi sangat tidak baik.
Copyrights © 2020