Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi
Vol 1 No 01 (2019): JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI

Upaya Meningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak PGRI Kajoran Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen

Supriaji, Ujud (Unknown)
Waliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2019

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berhitung menggunakan media balok angka di TK PGRI Kajoran kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2019/2020 sangat membantu pelajaran anak, sebelum menggunakan balok angka proses belajar sangat mengalami kesulitan dan anak menjadi tidak bisa terkondisikan dalam pembelajaran berhitung setelah menggunakan balok angka anka lebih tanggap untuk belajar berhitung dan anak lebih bisa terkondisikan. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung menggunakan balok angka di TK PGRI Kajoran Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang bergabung dalam kelompok B2 berjumlah 16 anak. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan tes atau lembar kerja anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berhitung di TK PGRI Kajoran hasil penelitian tindakan kelas menunjukan rata-rata kemunculan daya tangkap berhitung anak meningkat dari pra siklus I dan siklus II. Hasil sebelum tindakan pra siklus hanya mencapai 12,5% sedangkan hasil dari pelaksanaan pembelajaran siklus I menunjukan rata-rata kemunculan kemampuan berhitung meningkat menjadi 56,25% hasil masih dibawah standar yang diharapkan, kemudian dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebagai langkah untuk memperbaiki pembelajaran pada siklus II rata-rata kemunculan kemampuan berhitung siswa pada siklus II dari 16 anak mencapai 93,75% hasil ini sudah mencakup target yang diharapkan dengan kriteria baik. Dari penelitian yang dilakukan dalam 2 siklus diperoleh kesimpulan bahwa dengan metode berhitung dengan balok angka dapat mengembangkan kemampuan berhitung dengan baik. Penulis berharap agar metode ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh lembaga-lembaga pendidikan dan bermanfaat dalam usaha meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Kata Kunci : Berhitung, Bermain dengan balok angka

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

KST

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI diterbitkan oleh Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen Pendidikan (Education). Teknologi (technology), Penelitian (research). Bahasa Inggris (Language English), Bahasa Indonesia (Language Indonesian), Olahraga (Sport), Anak Usia Dini (early ...