Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi
Vol 3 No 01 (2021): JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI

Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Pendekatan Realistik Matematik Education (RME) Pada Anak Usia 5-6 Tahundi Tk Pertiwi 14.11.3 Sadangwetan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen

Ujud Supriaji (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Maarif Nahdlatul Ulama Kebumen"
})

soliyah (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Maarif Nahdlatul Ulama Kebumen"
})



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Abstrak Penelitian tindak kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui : Untuk meningkatan kemampuan mengenal angkamelalui pendekatan realistik matematik education (RME) pada anak usia 5-6 tahun Di TK Pertiwi 14.11.3 Sadangwetan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui tiga alur, yaitu perencanaan, pelaksanaa, observasi dan refleksi. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan, observasi dan dokumentasi. hasil penelitian dan pembahasan yang dikemukakan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal angka anak usia 5-6 tahun TK 14.11.3 Sadangweatan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen dapat meningkat melalui pendekatan realistic matematik education (RME) kemampuan mengenal huruf pada anak didik usia 5-6 tahun dapat dilihat dari hasil observasi yang diperoleh pada setiap siklus yang mengalami peningkatan. Dari hasil observasi menunjukkan pada pra siklus menunjukkan ketuntasan belajar dengan kriteria baik dari 25 anak didik hanya 6 (24%) anak didik dengan kreteria baik, sebanyak 12 (48%) dengan kriteria cukup, sedangkan 7 (28%) anak didik dengan kriteria kurang. Siklus I menunjukkan ketuntasan belajar dengan kriteria baik dari 25 anak didik sebanyak 10 (40%) anak didik dengan katagori baik , sebanyak 12 (48%) dengan kriteria cukup, sedangkan 3 (612%) anak didik dengan kriteria kurang. Sedangkan Siklus II menunjukkan ketuntasan belajar dengan kriteria baik dari 25 anak didik sebanyak 21 (84%) anak didik dengan katagori baik, sebanyak 4 (16%) dengan kriteria cukup, sedangkan 0 (0%) anak didik dengan kriteria kurang. Kata Kunci : Pendekatan Realistic Matematik Education (RME), Mengenal angka, anak usia 5-6 tahun

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KST

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI diterbitkan oleh Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen Pendidikan (Education). Teknologi (technology), Penelitian (research). Bahasa Inggris (Language English), Bahasa Indonesia (Language Indonesian), Olahraga (Sport), Anak Usia Dini (early ...