Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 3 No 2 (2018): Mei

MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PERSONAL PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MEMILIH BIDANG KOMPETENSI BAGI SISWA SMA/SMK KABUPATEN BUNGO UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

Yudhi Novriansyah (Unknown)
Muhammad Asman (Unknown)
Misra Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2018

Abstract

Indonesia harus mampu bersaing dengan negara-negara lain baik dalam produk, pelayanan, maupun dalam penyiapan sumber daya manusia. Pada saat ini kecenderungan meningkatnya pengganggur muda dan terdidik merupakan salah satu indikasi. Berbagai faktor yang berpengaruh terhadap tingginya tingkat pengangguran diantaranya adalah: kesempatan kerja yang terbatas, kualifikasi pekerjaan yang tidak sesuai, serta minimnya kemandirian pencari kerja untuk berwirausaha). Kompetensi ternyata tidak seperti kenyataan yang dimiliki pekerja. Dari analisis awal, beberapa kelemahan para peserta didik baik tingkat SMA sederajat hingga Perguruan Tinggi untuk bersaing dibidang bisnis baik sebagai calon tenaga kerja, maupun sebagai calon wirausaha. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan menambah pemahaman dan membuka cakrawala berpikir bagi siswa-siswi SMA dalam menghadapi persaingan masa depan diera Masyarakat Ekonomi yang mengedepankan kemampuan membangun komunikasi publik, penggunaan TI dalam beragam akivitas dan kompetensi keahlian yang sangat dibutuhkan untuk bersaing di pasar kerja. Kata Kunci: Komunikasi Personal, Teknologi Informasi, Kompetensi, MEA.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

akrabjuara

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Medicine & Pharmacology

Description

URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing ...