Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 5 No 4 (2020): November

PENGARUH VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA ALAM KAPALO BANDA KABUPATEN LIMAPULUH KOTA TERHADAP JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIAYA PERJALANAN (TRAVEL COST METHOD)

Weriantoni Weriantoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2020

Abstract

Objek Wisata Kapalo Banda mempunyai potensi wisata yang besar untuk dikembangkan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Walaupun sudah memiliki potensi wisata namun belum diketahui seberapa besar nilai ekonomis (Valuasi ekonomi) Kapalo Banda tersebut. Dengan menggunakan metode Travel Cost Method dengan pendekatan Zonal Travel Cost Method kita bisa mengestimasi potensi ekonomi dari objek wisata Kapalo Banda. Dimana kita akan melihat kesediaan seseorang untuk membayar terhadap suatu komoditi yang diperdagangkan dengan harapan seseorang tersebut akan mendapatkan utility maksimum. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa berdasarkan hasil analisis biaya perjalanan, total nilai manfaat Objek Wisata Kapalo Banda dengan tambahan tarif karcis masuk sama dengan nol sebesar Rp 74.411.000.920. Sedangkan total nilai manfaat objek wisata Kapalo Banda atau total nilai ssurplus konsumen per tahun pada tarif karcis masuk yang berlaku adalah sebesar Rp 5.000,- menjadi sebesar Rp 72.782.723.470,-. Besaran nilai rata-rata kesediaan untuk membayar maksimun (WTP) per pengunjung terhadap kegiatan penambahan fasilitas dan pengelolaan Objek Wisata Kapalo Banda adalah sebesar Rp 40.215,-.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

akrabjuara

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Medicine & Pharmacology

Description

URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing ...