Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 3 No 2 (2018): Mei

PENINGKATAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS KISAH PERJUANGAN PAHLAWAN DAERAH FLORES

Chatarina Novianti (Unknown)
Nining Sar’iyyah (Unknown)
Siti Arafat (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserach) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan efikasi diri peserta didik kelas V SDK Onekore 1 pada pelajaran IPS dengan menerapkan media permainan ular tangga berbasis kisah perjuangan pahlawan daerah Flores. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan ular tangga brerbasis kisah perjuangan pahlawan daerah flores dapat meningkatkan efikasi diri peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase siswa yang mencapai tingkat efikasi diri tinggi dan sangat tinggi, yaitu 63% pada siklus I menjadi 93% pada siklus II. Kata kunci: Media Permainan ular tangga, pahlawan daerah Flores, efikasi diri.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

akrabjuara

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Medicine & Pharmacology

Description

URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing ...