Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 3 No 2 (2018): Mei

PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDKAN AGAMA ISLAM (PRILAKU HUSNUZAN) MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS X IPS 9 SMA NEGERI 4 BUKITTINGGI

Suhana Suhana (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan penguasaan materi pembelajaran PAI Sub pokok bahasan Prilaku Husnuzan Kelas X.9 SMA Negeri 4 Bukittinggi dan untuk mendeskripsikan apakah metode role playing pada pembelajaran PAI Sub pokok bahasan Prilaku Husnuzan dapat meningkatkan penghayatan terhadap ajaran Islam pada siswa kelas Kelas X.9 SMA Negeri 4 Bukittinggi. Data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa lembar observasi, catatan lapangan dan data kuantitatif berupa tes akhir belajar. Temuan penelitian terhadap proses Peningkatan Pembelajaran Pendidkan Agama Islam (Prilaku Husnuzan) Menggunakan Metode Role Playing terlaksana dengan baik. Rata-rata hasil tes siswa mengalami peningkatan, yaitu rata-rata pada siklus I dengan nilai 42, pada siklus II 62 dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 87. Kata kunci: peningkatan pembelajaran pendidikan agama islam (prilaku Husnuzan), metode Role Playing.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

akrabjuara

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Medicine & Pharmacology

Description

URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing ...