Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 3 No 1 (2018)

PELIBATAN AKTOR PENDIDIKAN DALAM SYSTEM THREE WAY TRAFFIC COMMUNICATION UNTUK MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI JOMBANG

Ospa Pea Yuanita Meishanti (Unknown)
Mar’atul Fahimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2018

Abstract

Tuntunan zaman yang cepat dan canggih memberikan dampak berbagai bidang terutama pendidikan sebagai pondasi awal suatu ekosistem pendidikan. Hal tersebut dapat dicegah melalui pendidikan keluarga, sekolah, lingkungan. Satu upaya pelibatan aktor pendidikan guru, orang tua, siswa dalam System Three Way Traffic Communication untuk meningkatkan hasil belajar terutama siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh System Three Way Traffic Communication terhadap keterampilan proses siswa. Metode kuantitatif One Group Pratest-Postest Design menggunakan 10 sekolah, hasil penelitian: hasil belajar rata-rata pretest beberapa sekolah di bawah 70, keseluruhan rata-rata postest memuaskan rata-rata diatas 75, efektivitas perlakuan indeks sensitivitas 8 soal indeks sensitivitasnya sedang, 2 soal indeks sensitivitas tinggi, hasil angket respon guru, orang tua dan peserta didik dengan hasil sangat baik. Dari penelitian menunjukkan adanya pelibatan aktor pendidikan dalam peningkatan hasil belajar, tersusunnya buku ajar, dapat dijadikan penelitian lanjutan bentuk pengembangan berlanjut. Kata Kunci: Aktor Pendidikan, System Three Way Traffic Communication, hasil belajar Peserta Didik, Sekolah Dasar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

akrabjuara

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Medicine & Pharmacology

Description

URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing ...