Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI JARAK DAN KECEPATAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SD NEGERI PANDEANLAMPER 03 SEMARANG

Dwi Wahyuningsih* Muhamad Afandi** (Guru SDN Kaligawe Kota Semarang* Dosen PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung**)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika MateriJarak dan Kecepatan melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas V SDNegeri Pandeanlamper 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yangterdiri dari 2 siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pandeanlamper03 Semarang yang berjumlah 39 siswa. Terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes/evaluasi, angket motivasi,lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa. Analisis datanya secara deskriptifkualitati dipersentasekan. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini ditandai dengansiswa yang sebelumnya pasif dalam proses pembelajaran menjadi aktif dalam pembelajaran. Selainitu siswa yang sebelumnya tidak memperhatikan guru menjadi memperhatikan guru pada saatproses pembelajaran. Berdasarkan angket minat belajar siswa pada siklus I dengan skor 1354 danpresentase 75,18 % sedangkan pada siklus II dengan skor 1392 dan prosentase 82,40% termasukdalam criteria minat belajar yang baik. Selain minat belajar siswa yang meningkat, pembelajarandengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasibelajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I dan siklus II. Prestasi belajar siswa dapatdilihat dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 77,9 dan ketuntasan belajar60,52 %, kemudian pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 89,5 dan ketuntasan belajar92,10 %

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...