ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 10, No 3 (2020): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

MENINGKATKAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU MELALUI BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL

Tika Puspita Widya Rini (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa bimbingan teknis yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para guru mengenai penyusunan instrumen penilaian autentik K13, terutama dalam penilaian berbasis HOTS (high order thinking skill). Bimbingan teknis ini dilakukan di SD Negeri Pasar Lama 3 Banjarmasin melalui kegiatan pemaparan oleh para narasumber, tanya jawab, diskusi antar anggota kelompok, dan pemberian soal baik itu pretest maupun posttest. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek langsung. Dengan harapan capaian luaran yakni instrumen pembuatan soal HOTs sesuai kurikulum 2013 dan artikel yang dipublikasi dalam jurnal PPM. Hasil yang diperoleh dari kegiatan bimbingan teknis adalah tingginya antusian, tingkat keaktifan dan kerjasama antaranggota kelompok. Selain itu, hasil pretest dan posttest menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman guru mengenai soal yang bersifat high order thinking skill (HOTs) dengan adanya kenaikan dari rerata pretest sebesar 60,5 menjadi 82 dalam posttest. Terdapat peningkatan keterampilan guru dalam menyusul soal HOTs. Simpulan dari hasil kegiatan ini menunjukkan keberhasilan akan kegiatan bimbingan teknis, dan perlu adanya kegiatan serupa untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru khususnya dalam penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTs (high order thinking skill.). Kata Kunci: Bimbingan teknis, Instrumen Berbasis HOTs, Kompetensi paedagogik. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...