E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana
Vol 4 No 1 (2013)

TINGKAT UNDERPRICING DAN REPUTASI UNDERWRITER

Ni Luh Ulansari Manikan Widayani (Unknown)
Gerianta Wirawan Yasa (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2013

Abstract

ABSTRAK Reputasi underwriter, secara teori, akan menaikkan tingkat underpricing. Namun, beberapa penelitian yang ada menunjukkan hal yang berlawanan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkonfirmasi adanya perbedaan tingkat underpricing antara emiten yang menggunakan underwriter prestisius dengan emiten yang menggunakan underwriter non prestisius ketika melakukan penawaran umum perdana. Sampel amatan yang digunakan berjumlah 169 buah diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia dan diolah menggunakan teknik analisis independen sampel T tes. Data yang diolah adalah data sekunder berupa nilai underpricing dan reputasi underwriter yang diproksikan dengan lima besar penjamin emisi berdasarkan jumlah emisi yang dijamin satu tahun sebelumnya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tingkat underpricing emiten yang prestisius tidak lebih besar daripada tingkat underpricing emiten yang menggunakan underwriter non prestisius. Kata kunci: underpricing, reputasi underwriter, IPO

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

Akuntansi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana adalah jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan secara online setiap sebulan sekali. E-Jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan menyalurkan minat berbagi serta penyebarluasan pengetahuan bagi para akademisi, mahasiswa, praktisi, dan para ...