Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Vol 10 No 1 (2018)

Pola Pemanfaatan Ruang Rumah Susun dalam Bermain Anak Usia Dini: Penelitian Kualitatif di RT 08 RW 10 Kompl PU Pasar Jumat Pondok Pinang

Andi Musda Mappapoleonro (STKIP Kusuma Negara)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapat data tentang pola pemamfaatan ruang rumah susun dalan bermain anak usia 5-8 tahun di komplek PU Pasar Jumat Pondok Pinang. Penelitian ini dilakukan pada bulan juli 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil penelitian pola pemanfaatan ruang untuk bermain pada rumah susun yang ada di Kelurahan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan didasari dengan bentuk interaksi sosial yang cukup baik pada warga sehingga mempengaruhi anak-anak di komplek ini untuk saling bermain dengan memanfaatkan sudut-sudut ruangan yang ada, baik yang berupa halaman parkir, taman bermain, halaman yang ada di belakang rumah, maupun di anak-anak tangga yang menuju ke lantai atas, serta ruangan yang ada dalam rumah. Anak-anak memanfatkan sudut-sudut ruangan tersebut sesuai dengan jenis permainan yang dikuasai. Merekapun juga mengembangkan daya kreatifitasnya dalam bermain dengan menggunakan alat permainan yang ada dan membuat aturan permainan sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan waktu yang ada. Bentuk permainan yang digunakan adalah permainan besar dan permainan kecil

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state of the art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new ...