Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Vol 9 No 1 (2017)

Pengaruh Kepribadian terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Siswi Kelas XI SMK Budhi Warman 1 Jakarta

Ahmad Jauhari Hamid Ripki (STKIP kusuma Negara)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2018

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian adalah kepribadian siswa/i yang introvert dan ekstrovert diduga memiliki pengaruh dalam perilaku konsumtif. Penelitian bertujuan untuk memperoleh pengaruh antara kepribadian terhadap perilaku konsumtif karena faktor kematangan dengan usia yang masih rentan, labil dan status sosial untuk diakui oleh lingkungan. Penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif asosiatif dengan populasi berjumlah 230 siswa/i dengan menggunakan sampel sebanyak 34 siswa/i dengan teknik random sampling. Hasil perhitungan uji normalitas didapat Lohitung< Lotabel yaitu subyek (x) = 0,031552941 < 0,151 dan subyek (y) = 0,088235294 < 0,151. Hasil perhitungan uji homogenitas didapat Fhitung < Ftabel (1,29< 1,82). Pengujian Hipotesis penelitian dilakukan dengan menghitung nilai koepisien product moment dan uji t didapat thitung > ttabel (10,42 > 1,69236) yang berarti H0 ditolak. Hasil Penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kepribadian terhadap perilaku konsumtif, terlihat dari kepribadian introvert karena kurang bersosialisasi sehingga keputusan konsumtif pada diri sendiri, sedangkan ekstrovert dipengaruhi oleh lingkungan sosial yang lebih dominan. Kesimpulan penelitian kepribadian berpengaruh terhadap perilaku konsumtif apabila siswa/i tidak memiliki kekuatan karakter yang kuat sehingga mudah dipengaruhi faktor internal dan faktor eksternal.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state of the art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new ...