Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Vol 11 No 2 (2020): Konsep dalam Lingkungan Pendidikan

Pengetahuan Guru Tentang Konstruksi Tes, Penguasaan Materi Pelajaran Sains Dengan Reliabilitas Tes Buatan Guru

Sulistianingsih Sulistianingsih (STKIP Kusuma Negara)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris hubungan pengetahuan guru tentang konstruksi tes, penguasaan materi pelajaran sains dengan reliabilitas tes buatan guru . Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik Multistage random sampling. Penetapan tehnik ini berdasarkan pertimbangan bahwa sampel yang diharapkan sebagai unit analisis dapat menyebar secara merata agar proposional dan representatitif. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data tentang pengetahuan guru tentang konstruksi tes dan penguasaan materi pelajaran sains menggunakan tes dengan bentuk pilihan ganda dan reliabilitas tes buatan guru menggunakan tehnik dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan hubungan pengetahuan guru tentang konstruksi tes dan penguasaan materi pelajaran sains secara Bersama – sama dengan reliabilitas tes buatan guru adalah positif dan sangat signifikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state of the art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new ...