Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi (JUST-SI)
Vol 1 No 2 (2020): Desember

EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA E-COMMERCE SOCIOLLA.COM MENGGUNAKAN USABILITY TESTING DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ): USER EXPERIENCE EVALUATION ON SOCIOLLA.COM E-COMMERCE USING USABILITY TESTING AND USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

Shandranuur Fauziah Novitasari (Unknown)
Yusi Tyroni Mursityo (Unknown)
Alfi Nur Rusydi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2021

Abstract

Sociolla merupakan e-commerce terlengkap dan terpercaya di Indonesia yang menjual produk kecantikan dan perawatan kulit dan tubuh. Demi mempermudah akses untuk mendapatkan kosmetik yang diinginkan, website Sociolla dibuat pada tahun 2015. Website sociolla bertujuan memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai kandungan dan harga kosmetik. Permasalahan yang terjadi pada website Sociolla adalah setiap pengguna yang melakukan interaksi pada website merasa bahwa website Sociolla memerlukan waktu yang cukup lama untuk setiap tugas. Dampak dari kesalahan sistem yang berulang tersebut, membuat banyaknya pengguna enggan melakukan aktivitas pada website. Dari permasalahan tersebut, maka dilakukanlah evaluasi usablity untuk mengetahui pengalaman pengguna menggunakan pengujian skenario Usability Testing, kuesioner SUS dan metode UEQ. Hasil pengujian skenario parameter Task Completed memiliki nilai keberhasilan sebesar 0.91, parameter Error Rate memiliki rata-rata jumlah kesalahan sebesar 0.05467, parameter Time per Completed Task memiliki rata-rata waktu sebesar 45.313 detik dan parameter Number of Clicks memiliki rata-rata sebesar 5 klik. Hasil kuesioner SUS mendapatkan skor 75.75 yang termasuk dalam kategori Acceptable. Hasil pengalaman pengguna menunjukkan yaitu pada metode UEQ, aspek pragmatic quality dengan nilai sebesar 3.05, dan aspek hedonic quality dengan nilai sebesar 2.23. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa website Sociolla dapat diterima dengan baik oleh pengguna.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

just-si

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi (JUST-SI) diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya mulai Juli 2020. JUST-SI menerima naskah berupa hasil riset empiris, tutorial, notulen, dan opini yang berhubungan dengan Sistem Informasi. Ruang lingkup ...