Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan
Vol 21, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Vol 21 No. 2, Oktober 2019

Games-Based Learning: Konsep Pengajaran Literasi Informasi Berbasis Permainan pada Mahasiswa Strata 1 di Universitas Pelita Harapan

Phillips Iman Hery Wahyudi (Universitas Pelita Harapan)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2019

Abstract

Games-based learning merupakan konsep baru yang digunakan untuk pengajaran ketrampilan literasi informasi, yang selama ini justru lebih banyak diberikan dalam ruang kelas dan bersifat satu arah. Games-based learning dibagi dalam 5 pos, dimana tiap pos mewakili satu materi literasi informasi. Materi literasi informasi yang diberikan adalah identifikasi informasi, akses informasi, menggunakan informasi, sintesa dan plagiarism. HasilĀ  rata-rata ketrampilan literasi informasiĀ  diperoleh sebesar 3.47 sedangkan hasil rata-rata tingkat kolaborasi dan kreativitas diperoleh sebesar 3.54. hal ini menunjukkan adanya pengaruh konsep games-based learning terhadap pemahaman ketrampilan literasi informasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan (JIPK) adalah jurnal ilmiah dalam bidang ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan yang diterbitkan oleh Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Cakupan topik meliputi: 1. Etika Profesi ...