Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan brand image terhadap nilai perusahaan dimoderasi kinerja keuangan, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel menggunakan purposive sampling, yaitu 10 perusahaan perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2014-2018. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modelling-Partial Least Square(SEM-PLS). Hasil penelitian CSR dan brand image tidak berpengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan (NP), namun variabel CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan variabel brand image tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Variabel kinerja keuangan dapat memperkuat pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dan pengaruh brand image terhadap nilai perusahaan. Jika terjadi peningkatan kinerja keuangan, maka pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan tinggi, begitu juga sebaliknya jika nilai kinerja keuangan turun, maka pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan semakin rendah. Namun, jika terjadi peningkatan pada kinerja keuangan maka pengaruh brand image terhadap nilai perusahaan semakin rendah.
Copyrights © 2019