Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
Vol 7, No 1 (2020): Juni

Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pengunjung Tempat Wisata Bee Jay Bakau Resort (BJBR) Kota Probolinggo

Ikrima Maulida Ikmala (Universitas Merdeka Pasuruan)
Eva Mufidah (Universitas Merdeka Pasuruan)
Vita Fibriyani (Universitas Merdeka Pasuruan)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2020

Abstract

Pengaruh kepuasan pengunjung dalam penelitian ini adalah unsur-unsur marketing mix yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap kepuasan pengunjung tempat wisata Beejay Bakau Resort (BJBR) Kota Probolinggo. pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan sampel 70 responden dari 700 populasi selama 7 hari. Analisis data dilakukan menggunakan uji stepwise. Hasil dari pengujian dapat dilihat kepuasan pengunjung dipengaruhi oleh variabel price (X2) dan variabel process (X6). Setiap kenaikan peran price sebesar 0.446 dan kenaikan peran process sebesar 0,687 maka Kepuasan Pengunjung (Y) mengalami kenaikan satu satuan. Hasil dari Fhitung sebesar 12,030 dan signifikansi sebesar 0,000 0,05 maka, Marketing mix (product, price, promotion, place, people, process, danĀ  physical evidence) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengunjung. Hasil dari uji determinasi menyatakan bahwa kepuasan pengunjung dapat dijelaskan oleh product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence sebesar 52,8%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis (JSMB) ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print) administered by the Master of Management Faculty of Economics and Business, University of Trunojoyo Madura. This journal is here to accommodate innovative thinking of academics, researchers and ...