Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 10, No 2 (2016)

PENGARUH PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Rahmiati Rahmiati (Universitas Hamzanwadi)
Fahrurrozi Fahrurrozi (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Darussholihin NW Kalijaga TP 2016-2017. Sampel penelitian adalah kelas XI IPS2 dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan XI IPS1 sebagai kelompok kontrol yang dipilih secara simple random. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah (r = 0,875). Data posttest kemmapuan pemecahan masalah dianalisis dengan uji t-test Polled varians setelah memenuhi uji normalitas dan homogenitas. Hasil analisis data menunjukkaan yaitu 2,65 > 1,679. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.  Â DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.2.3634.75-86

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, ...