Media Ekonomi dan Manajemen
Vol 30, No 1 (2015): Upaya Peningkatan Potensi Dan Kualitas Ekonomi Daerah

Pengaruh Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Berskala Mikro/Kecil Di Komplek Shopping Centre Jepara

Eko Nur Fu’ad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2016

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemilihan lokasi terhadap kesuksesan usaha pada usaha berskala mikro/ kecil di komplek Shopping Centre Jepara. Obyek penelitian adalah seluruh pemilik usaha mikro/kecil yang berada di komplek SCJ Jepara sejumlah 87 responden.  Data diperoleh dengan metode sensus, hasilnya diolah dengan metode analisis model regresi berganda. Penelitian ini membuktikan bahwa faktor-faktor yang diteliti dalam penentuan lokasi usaha (dekat dengan infrastruktur, kondisi lingkungan serta biaya lokasi) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesuksesan usaha. Pemilihan lokasi guna mencapai kesuksesan usaha bisa dijelaskan dengan variasi ketiga variabel independen penelitian yaitu dekat dengan infrastruktur, kondisi lingkungan dan biaya lokasi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai adjusted R2 sebesar 68%. Ketiga variabel independen yang mempunyai pengaruh terbesar terhadap kesuksesan usaha yaitu variabel biaya lokasi sebesar 46%. Sedangkan dua variabel lainnya yaitu kondisi lingkungan dan kedekatan dengan infrastruktur masing-masing berpengaruh sebesar 25% dan 24%. Dari hasil penelitian ini, disarankan bahwa dalam pemilihan lokasi usaha, sebaiknya pemilik usaha lebih memperhitungkan biaya yang dikeluarkan. Kata kunci :  Infrastruktur, Lingkungan, Biaya Lokasi, Kesuksesan Usaha AbstractThis study aimed to examine the effect of the choice of location for the success of the business on a micro-scale enterprises / small Shopping Centre complex Jepara. The object of the research is all micro business owners / small complex at the SCJ Jepara which  totally  87 respondents. Data obtained by the census method, the results are processed by  multiple regression analysis. This study proves that the factors examined in determining business location (close to the infrastructure, environmental conditions as well as cost locations) have  positive and significant effect on business success. The choice of location in order to achieve business success can be explained by the variation of the three independent variables of research that is close to the infrastructure, environmental conditions and location costs. This is evidenced by adjusted R2 value of 68%. These three independent variables that have the greatest influence on the success of the business is the variable costs of 46% locations. Meanwhile, two other variables, namely environmental conditions and proximity to infrastructure influential respectively by 25% and 24%. From these results, it is suggested that in selecting a business location, business owners should better take into account the costs incurred. Keywords: Infrastructure, Environment, Cost Locations, Business Success

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

fe

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

For optical lens manufacturing the development of product and service quality is a key thing in answering challenges in the business competition it is developing. To achieve this determine the Key Performance Indicator (KPI), the Rejected Rate and On-Time Delivery (OTD) to measure the extent of the ...