Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB
Vol 5, No 6 (2014)

KESALAHAN PENULISAN SOKUON DALAM HIRAGANA OLEH SISWA SMKN 1 GLAGAH BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2013-2014

PURNAMASARI, DWI (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2014

Abstract

Kata Kunci : sokuon, Analisis Kesalahan.Bahasa Jepang merupakan bahasa asing yang dipelajari di Indonesia. Bahasa Jepang memiliki konsonan ganda yang dilambangkan dengan huruf tsu kecil dan pemakaiannya ditengah kata. Pembelajar bahasa Jepang sering melakukan kesalahan dalam penulisan konsonan ganda. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tentang jenis dan penyebab kesalahan penulisan sokuon dalam hiragana.Penelitian ini menggunakan  penggabungan dua pendekatan kualitatif kuantitatif. Data yang dijadikan objek analisis untuk menjawab permasalahan adalah hasil tes dan angket dari 30 siswa SMKN 1 Glagah Banyuwangi. Analisis data yaitu dengan mencocokkan jawaban tes siswa dengan kunci jawaban, mengklasifikasikan jenis dan penyebab kesalahan, memberikan persentase, menganalisis dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 5 jenis kesalahan. Jenis kesalahan tersebut yaitu penghilangan, penambahan, salah formasi, salah susun dan kesalahan global. Selain itu, juga ditemukan 4 penyebab kesalahan yaitu interferensi oleh bahasa yang lebih dulu dikuasai pembelajar, kesalahan yang disebabkan oleh keterbatasan dalam mengingat, kesalahan karena ketidaktahuan akan pembatasan kaidah, dan pengajaran bahasa yang kurang tepat atau kurang sempurna.Penulis menyarankan peneliti selanjutnya untuk meneliti kesalahan penulisan sokuon dengan metode chokai (menyimak). Selain itu,untuk mencari penyebab kesalahan tidak hanya menggunakan angket, tetapi dapat menggunakan wawancara sebagai penggantinya.

Copyrights © 2014