Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB
Vol 5, No 9 (2014)

PRODUSER SEBAGAI PEMILIK KEKUASAAN DALAM INDUSTRI MUSIK PADA ANIME BECK KARYA SUTRADARA OSAMU KOBAYASHI

PERMANA, GIRINDRA (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2014

Abstract

Kata Kunci: Anime, Beck, Marxisme, Produser, Kekuasaan, Industri MusikMusik adalah salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari hidup manusia. Saat ini banyak pekerjaan yang ada di bidang musik salah satunya adalah produser musik. Produser adalah orang yang mempunyai visi kemana musisi akan diarahkan. Produser musik berperan penting dalam berkembangnya atau jatuhnya karir musisi.Dalam penelitian ini penulis menggunakan anime Beck sebagai sumber data. Fokus peneleitian kali ini ialah menganalisa gambaran produser sebagai pemilik kekuasaan dalam industri musik. Produser memiliki hal yang mendukung mereka untuk menjadi pemilik kekuasaan dalam industri musik seperti dana, nama label besar, dan relasi–relasi dalam industri musik.Hasil dari penelitian ini mendapatkan gambaran produser sebagai pemilik kekuasaan dalam industri musik pada anime Beck karya sutradara Osamu Kobayashi. Gambaran produser sebagai pemilik kekuasaan ada pada tahapan tahapan pengangkatan musisi menjadi artis label, pengarahan dan pembangunan popularitas artis. Tidak hanya itu, kekuasaan produser juga tergambar pada saat produser menjadi pengorganisir festival musik. Selain itu produser menerapkan kekuasaannya untuk mengalienasi musisi yang menjadi saingan dari artis yang dibesutnya.Anime Beck tidak hanya dapat dianalisa dari sudut pandang produser sebagai pemilik kekuasaan saja. Anime ini juga dapat dianalisa melalui pendekatan sosiologi sastra. Fokus penelitian selanjutnya dapat menekankan pada perkembangan musik Jepang yang ada di anime ini.

Copyrights © 2014