Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB
Vol 5, No 8 (2014)

KONSEP OMOIYARI YANG TERCERMIN DALAM DRAMA SAMURAI HIGH SCHOOL KARYA SUTRADARA TOYA SATO DAN RYUICHI INOMATA

KHOTIMAH, KHUSNUL (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2014

Abstract

Kata Kunci : Omoiyari, Altruisme, Simpati, Empati, Perilaku Prososial, Samurai High School. Film adalah bagian dari karya seni, yang berarti juga bagian dari karya sastra. Drama merupakan salah satu jenis film yang digemari di Jepang. Selain sarana hiburan, drama di Jepang juga bisa menjadi sarana pendidikan moral. Omoiyari merupakan salah satu jenis moral yang telah dipelajari sejak di bangku Sekolah Dasar. Omoiyari adalah kesediaan untuk merasakan perasaan orang lain, seolah merasakan sendiri perasaan tersebut. Drama yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah drama Samurai High School karya sutradara Toya Sato dan Ryuichi Inomata. Penelitian ini menggunakan pendekatan konsep omoiyari. Konsep ini digunakan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk sikap omoiyari yang tercermin dalam drama Samurai High School. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat ciri khas pada sikap omoiyari pada masing-masing tokoh. Diantaranya adalah tidak mementingkan diri sendiri, perasaan empati dan khawatir, berani mengambil resiko, dan balas budi. Sebagai tambahan, disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk menggunakan kajian semangat ganbaru untuk mengetahui sikap pantang menyerah yang digambarkan oleh para tokoh.

Copyrights © 2014