Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB
Vol 6, No 8 (2014)

REGISTER PEMANDU WISATA BERBAHASA PRANCIS DI KAWASAN WISATA KAWAH IJEN BANYUWANGI JAWA TIMUR : KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

INDRAWATI, LUISIANA (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2014

Abstract

Kata kunci: pemandu wisata, sosiolinguistik, registerKomunikasi  dapat  dilakukan  oleh  siapapun  dan  dalam lingkup  sosial manapun.  Salah satunya  antara  pemandu wisata  dengan wisatawannya.  Setiap pemandu  wisata  memiliki  variasi  bahasa.  Variasi  bahasa  berdasarkan pemakaiannya  disebut  register.  Dalam kegiatan  guiding,  pemandu perlu untuk mengetahui  register  yang  baik dan benar.  Namun,  seringkali  pemandu  wisata menggunakan register yang tidak standar. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk register pemandu wisata berbahasa Prancis dan faktorfaktor sosial  yang  melatarbelakanginya. Penelitian  ini  dikhususkan  untuk pemandu  wisata  berbahasa Prancis di Kawah Ijen Banyuwangi Jawa Timur mengingat  banyak  sekali  wisatawan  yang  berasal dari Prancis  yang mengunjunginya.Penelitian ini menggunakan teori sosiolinguistik dan register untuk menganalisis bentuk register dan faktor-faktor sosial  yang melatarbelakanginya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan empat  pemandu wisata sebagai obyek  penelitiannya. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan  dengan  cara  observasi, wawancara kepada pemandu wisata, angket yang  harus  diisi  pemandu,  dokumentasi,  dan  studi  pustaka.  Analisis  data dilakukan dengan cara pengumpulan data-data dari  hasil  observasi,  wawancara dan angket,  proses  pemilihan data,  penyajian data secara deskriptif, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data.Hasil  penelitian menunjukkan bahwa keempat pemandu wisata yang menjadi obyek penelitian mempunyai kesalahan gramatikal dalam register mereka dengan tingkat  kesalahan yang berbeda.  Hal  tersebut  dipengaruhi  oleh faktor-faktor sosial  yang melatarbelakangi pembentukan register tersebut, yaitu tingkat penguasaan bahasa Prancis,  usia pertama kali  belajar  bahasa Prancis,  cara atau tempat belajar bahasa Prancis, dan sikap terhadap bahasa Prancis. Oleh sebab itu, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan bagi seluruh pihak yang terkait dengan pemandu wisata untuk meningkatkan kualitas berbahasa Prancis pemandu wisata agar dapat meningkat pula kualitas pelayanannya kepada wisatawan.

Copyrights © 2014