Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB
Vol 6, No 9 (2014)

PERAN KELUARGA DALAM MENGUBAH PERILAKU HIKIKOMORI PADA TOKOH TARO SUDO DALAM FILM ONIICHAN NO HANABI KARYA SUTRADARA MASAHIRO KUNIMOTO

ABDUSSALAM, SAKINAH (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2014

Abstract

Kata Kunci: hikikomori, sosiologi sastra, film, oniichan no hanabiKarya sastra sastra adalah gambaran kenyataan dari suatu peristiwa yang terjadi di masyarakat. Salah satu bentuk karya sastra adalah film. Penelitian ini menggunakan film Oniichan no Hanabi yang menceritakan kehidupan pelaku hikikomori. Hikikomori adalah istilah masyarakat Jepang yang berarti mengasingkan diri atau mengurung diri. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran keluarga dalam mengubah perilaku hikikomori pada tokoh Taro Sudo dalam film Oniichan no Hanabi karya sutradara Masahiro Kunimoto.Dengan menggunakan kajian sosiologi sastra sebagai perombak masyarakat dan mise en scene, serta sumber-sumber data seperti konsep tentang hikikomori, penelitian ini akan menjelaskan alasan, perilaku spesifik pelaku hikikomori dan peran keluarga terhadap pelaku hikikomori yang terjadi secara deskriptif melalui teks dan gambar.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa film Oniichan no Hanabi sebagian besar telah menggambarkan kehidupan pelaku hikikomori yang sebenarnya. Terdapat 26 adegan dan dialog yang mencerminkan kehidupan pelaku hikikomori. Dialog maupun adegannya menunjukkan alasan Taro menjadi pelaku hikikomori, perilaku spesifik seorang pelaku hikikomori dan peran keluarga terhadap pelaku hikikomori. Peran keluarga sangatlah penting dalam proses penyembuhan pelaku hikikomori.Selain menjadi hiburan, film ini dapat menjadi pembelajaran mengenai berbagai hal seperti budaya, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, penulis menyarankan pada peneliti selanjutnya bisa mengkaji kondisi psikologis seorang pelaku hikikomori melalui pendekatan psikologi sastra.

Copyrights © 2014