Jurnal Ilmiah komunikasi
Vol 12 No 01 (2020): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 12 No 01 Maret 2020

Persepsi Siswa/i SMK terhadap Iklan Layanan Masyarakat “Narkoba” Trans7 di SMK 58 Jakarta

Ihsan Fahmi (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju)
Fatimah Fatimah (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju)
Mustopa Mustopa (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi iklan layanan masyarakat narkoba Trans7 pada siswa/i SMK 58 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan desain Cross-Sectional. Populasi penelitian adalah Siswa/i SMK 58 Jakarta yang berjumlah 79 orang. Sample penelitian ini berjumlah 55 orang (N = 55) dan dipilih menggunakan rumus slovin dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner. Analisa data pada penelitan ini menggunakan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bawa dari 55 responden, usia 16 tahun 26 orang (47%), usia >16 tahun sebanyak 29 orang (53%). Jenis kelamin perempuan 26 orang (47%) & laki-laki 29 orang (53%). Tingkat persepsi tidak mengerti 40 orang (72,2%) dan yang mengerti sebanyak 15 orang (27,3%). Dilihat dari iklan layanan masyarakat yang tidak tertarik sebanyak 28 orang (50,9%) dan yang tertarik sebanyak 27 orang (49,1%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggambarkan bahwa siswa/i memahami komponen-komponen dari persepsi dan elemen pada iklan layanan masyarakat narkoba Trans7. Saran untuk meningkatkan iklan layanan masyarakat ini sebaiknya iklan tersebut tidak hanya ditayangkan di televisi tetapi ditayangkan di media lain agar iklan tersebut dapat memberikan informasi kepada masyarakat yang lebih luas agar penyebaran informasinya lebih merata.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jikom1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah Komunikasi Indonesia Maju menerima semua artikel ilmiah atau manuskrip yang berhubungan dengan ilmu komunikasi, broadcasting, periklanan, dan semua ranah keilmuan yang erat kaitannya dengan ilmu ...