Public Administration Journal of Research
Vol 1 No 2 (2019): Public Administration Journal of Research

INOVASI E-LAMPID DALAM PENINGKATAN KEMUDAHAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN KAPAS MADYA BARU KECAMATAN TAMBAKSARI KOTA SURABAYA

Azmi el Saffah (Unknown)
Ananta Prathama (Program Studi Ilmu Administrasi Negara UPN "Veteran" Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Salah satu bentuk pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah adalah di bidang administrasi kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya merupakan salah satu instansi yang menyelenggarakan pelayanan di bidang administrasi kependudukan. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala, oleh karena itu Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membuat inovasi, yaitu E-Lampid. E-Lampid merupakan layanan online untuk pengurusan akta kelahiran, akta kematian, pindah datang dan pindah keluar bagi WNI, serta akta perkawinan dan akta perceraian bagi masyarakat non-muslim. Selanjutnya E-Lampid disebar hingga tingkat Kelurahan di Kota Surabaya untuk memudahkan masyarakat, salah satunya adalah di Kelurahan Kapas Madya Baru Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualititatif untuk menentukan cara mencari, mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data hasil dari penelitian. Lokasi yang dipilih untuk penelitian ini adalah Kelurahan Kapas Madya Baru Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya, di Jl. Kapas Madya II No. 54, Surabaya. Fokus penelitian ini adalah inovasi e-lampid dalam peningkatan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Kapas Madya Baru Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya, teori yang digunakan ialah teori atribut inovasi menurut pendapat Rogers dalam (Suwarno, 2008:16-18), yaitu Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compatibility (Kesesuaian), Complexity (Kerumitan), Triability (Kemungkinan Dicoba), dan Observability (Kemudahan Diamati). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan gabungan/triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data menurut Miles dan Huberman dalam (Sugiyono, 2018:246). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi e-Lampid dalam Peningkatan Kemudahan Pelayanan administrasi Kependudukan di Kelurahan Kapas Madya Baru Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di wilayah Kelurahan Kapas Madya Baru. Pada atribut inovasi relative advantage menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan menjadi lebih mudah karena online, hemat waktu karena pelayanan lebih cepat, serta hemat tenaga karena tidak perlu berkali-kali datang. Compatibility, bahwa terdapat kesesuaian dengan SOP yang berlaku serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Complexity, bahwa tidak terdapat kerumitan, artinya penggunaan inovasi e-Lampid lebih memudahkan masyarakat. Triability, bahwa inovasi e-Lampid telah dilakukan uji coba pada tahun 2014. Observability, bahwa melalui inovasi e-Lampid masyarakat dapat dengan mudah melihat sejauh mana proses pelayanan yang telah didaftarkan, dan output yang dihasilkan dari adanya inovasi e-lampid dapat dirasakan oleh masyarakat. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan Publik, E-Lampid.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

paj

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Public Administration Journal of Research presents findings of researches and articles in Public Administration scope. The editor invites academician and practitioner’s writing to be published in this journal with the study focusing includes but not limited to Public Policy, Public Management, ...