Public Administration Journal of Research
Vol 1 No 4 (2019): Public Administration Journal of Research

PEMBERDAYAAN MANTAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA MELALUI PROGRAM DESMIGRATIF (Studi di Desa Arjowilangun Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang)

Lely Indah Mindarti (Program Studi Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya)
Putri Nabil (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami berlangsungnya proses pemberdayaan mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui program Desa Migran Produktif (Desmigratif) di Desa Arjowilangun. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualtitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pemberdayaan mantan PMI melalui program Desmigratif dilaksanakan melalui empat fokus kegiatan yaitu layanan migrasi, usaha produktif, community parenting dan koperasi. Bentuk pemberdayaan mantan PMI di Desa Arjowilangun melibatkan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang, pemerintah Desa Arjowilangun dan mantan PMI. Adapun kendala-kendala dalam pemberdayaan mantan PMI ini adalah minimnya pengetahuan mantan PMI mengenai pemasaran, faktor permodalan, minat dari anak-anak PMI serta tidak berjalannya koperasi Desmigratif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

paj

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Public Administration Journal of Research presents findings of researches and articles in Public Administration scope. The editor invites academician and practitioner’s writing to be published in this journal with the study focusing includes but not limited to Public Policy, Public Management, ...