Nusantara Journal of Islamic Studies
Vol. 1 No. 1 (2020): Maret

MODEL Model IlhamQ (Model Menghafal AL Qur’an Berbasis Game) di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo

Syaifudin Noer (UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Evi Fatimatur Rusydiyah (UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Fachrizal Hamzah (UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2020

Abstract

Usaha pelestarian dan pemeliharaan al-Qur’an pada dasarnya telah dilakukan sejak al-Qur’an diturunkan, yaitu melalui membaca dan menghafal. Hingga dewasa ini, bukan hanya pesantren, banyak sekolah dasar maupun menengah Islam telah menerapkan sistem pembelajaran menghafal al-Quran. Seperti halnya di SMP Insan Cendikia Mandiri Sidoarjo yang menggunakan model ILHAMQ sebagai salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran tahfidzul quran. Banyak orang belum mengetahui model menghafal metode ILHAMQ, dan bagaimana implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dan data diambil dari observasi maupun wawancara dengan koordinator tahfidz, instruktur ILHAMQ, dan para siswa serta perangkat pembelajaran lainnya. Dari sumber data yang diambil, dihasilkan bahwa model pembelajaran ILHAMQ merupakan gabungan dari konsep pembelajaran joyfull learning, collaborative learning dan teori pemrosesan informasi Gagne.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

NJIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

Nusantara Journal of Islamic Studies is Islam education scientific journal that contains articles on Islamic education, Islamic education thought and management of Islamic Education. Intended as a vehicle for critical thinking and open to all circles of academia, religion, intellectuals, students ...