Nusantara Journal of Islamic Studies
Vol. 1 No. 1 (2020): Maret

Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Resitasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Yang Memiliki Motivasi Belajar Yang Berbeda Di Sekolah Dasar Kecamatan Bugeman Situbondo

hasiyati ningsih (STAI cendikia insani)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2020

Abstract

Metode pembelajaran yang bervariasi sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pusat pembelajaran bukan lagi terletak pada guru melainkan pada siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah Adakah perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diajar dengan metode demonstrasi dengan kelompok siswa yang diajar menggunakan metode resitasi, Adakah perbedaan hasil belajar IPA kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, Adakah pengaruh interaksi antara penggunaan metode demonstrasi, resitasi dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 2 Bugeman dan SDN 1 Bugeman. Metode analisis datanya menggunakan uji Anova Two Way, dengan rancangan penelitian Quasi experiment design, namun sebelumnya perlu dilakukan uji kenormalan dan juga kesamaan ragam. Pengujian kenormalan menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Uji kesamaan ragam menggunakan Levene Test.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

NJIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

Nusantara Journal of Islamic Studies is Islam education scientific journal that contains articles on Islamic education, Islamic education thought and management of Islamic Education. Intended as a vehicle for critical thinking and open to all circles of academia, religion, intellectuals, students ...