Nusantara Journal of Islamic Studies
Vol. 1 No. 1 (2020): Maret

Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Qur’an Hadist Di Madrasah Aliyah Ma’arif Bangil Pasuruan

Mujiono mujiono (STAI Cendekia Insani Situbondo)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2020

Abstract

Pendidikan islam sangat dibutukan oleh setiap individu, dan pendidikan dikatakan berhasil jika tujuan utama dan pendidikan yakni adanya suatu perilaku yang lebih baik dari peserta didik setelah adanya proses pembelajaran .Sedangkan keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran sangat tergantung pada usaha guru sebagai pendidik untuk menciptakan suatu pembelajaran yang efektifyang pada akhirnya dapat memberikan suatu pencapaian keberhasilan dalam belajar siswa. Sebagian besar pesantren tradisional sangat mementingkan mata pelajaran Qur’an hadist sebagaimana dalam MA Ma’arif Bangil, karena Qur’an hadist adalah salah satu materi pembelajaran di Madrasah tersebut Qur’an hadist merupakan suatu ilmu yang sangat penting untuk di pelajari dipahami , dimengerti dan diamalkan dalam kehidupan baik di sekolah maupun di masyarakat . Kebanyakan metode yang digunakan dalam pembelajran Qur’an Hadistdi Madrasah Aliyah Ma’arif Bangil cenderung monotonyang mengakibatkan pembelajaran Qur’an Hadist kurang diminati. Hal ini dapat terlihat dengan banyaknya penggunaan cara atau metode-metode pembelajaran tradisional. Keberhasilan suatu metode ditunjang dengan adanya susasana atau lingkungan pembelajaran yang kondusif dan juga didukung dengan adanya kemampuan guru dalam memilih,mengolah,serta menerapkan suatu metode pembelajaran.Penulis menggunakan teori metode penelitian oleh Nasution,Meleong,Mantja dan Nasution bahder. Dan adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: a)tentang profil madrasah MA Ma’arif bangil,b)Strategi kepemimpinan , c)motto pembelajaran qur’an Hadist,d)faktor-faktor penghambat dan pendukung.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

NJIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

Nusantara Journal of Islamic Studies is Islam education scientific journal that contains articles on Islamic education, Islamic education thought and management of Islamic Education. Intended as a vehicle for critical thinking and open to all circles of academia, religion, intellectuals, students ...