Jurnal Sitakara
Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Sitakara

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (IOC) TERHADAP WRITING SKILL DALAM TEKS MENULIS DRAMA DI SMP SETIA NEGARA PALEMBANG

Sri Wahyu Indrawati (Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang)
Yuspar Uzer (Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan Pengaruh model pembelajaran IOC (inside-outside-circle) terhadap writing skill dalam teks drama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen model Posttest-Only Control Design dengan membagi sampel mejadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes akhir yang berebentuk esay dengan satu soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus statistk uji-t. Berdasarkan tabel distribusi – t  dengan dk= + – 2 = 30+25-2= 53 dan a = 0,05, diidapat  =  3,38 dan  = 1,67412. Hal ini menunjukkan bahwa  ≥  atau 3,38 ≥1,67412. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa  ditolak dan  diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam Penerapan  model pembelajaran IOC (inside-outside-circle) terhadap writing skill dalam teks drama di SMP Setia Negara Palembang. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sitakara

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Sitakara Journal provides a forum to publish original research-based articles related to art education dan culture. Those scientific articles are the ones which discusses culture art and philosophy of art, curriculum, methodology, teaching and learning media, learning approaches, comparison, ...