Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan Pengaruh model pembelajaran IOC (inside-outside-circle) terhadap writing skill dalam teks drama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen model Posttest-Only Control Design dengan membagi sampel mejadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes akhir yang berebentuk esay dengan satu soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus statistk uji-t. Berdasarkan tabel distribusi – t dengan dk= + – 2 = 30+25-2= 53 dan a = 0,05, diidapat = 3,38 dan = 1,67412. Hal ini menunjukkan bahwa ≥ atau 3,38 ≥1,67412. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ditolak dan diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam Penerapan model pembelajaran IOC (inside-outside-circle) terhadap writing skill dalam teks drama di SMP Setia Negara Palembang.
Copyrights © 2021