Jurnal Sitakara
Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Sitakara

TRANSPOSISI TTI (TRANSFER, TRANSLATION, IMITATE) DALAM PEMBELAJARAN NOTASI MUSIK MELALUI SCORE CREATOR

A Heryanto (FKIP Universitas PGRI Palembang)
Dedy Firmansyah (FKIP Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2020

Abstract

ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah Konsep Transposisi TTI (Transfer, Translation, Imitate) dalam Pembelajaran Notasi Musik melalui Score Creator. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan tentang penerapan Transposisi TTI (Transfer, Translation, Imitate) dalam Pembelajaran Notasi Musik melalui Score Creator. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, Konsep Transposisi TTI (Transfer, Translation, Imitate) dalam Pembelajaran Notasi Musik melalui Score Creator ini dapat efektif dan efisien dengan 6 tahapan: 1) Hal pertama yang perlu guru lakukan adalah menginstruksikan kepada siswa untuk membawa Handphone Android dengan mendownload aplikasi Score Creator pada Google Play Store. 2) Sebelum mengklik menu ‘Aplikasi Score Creator’ 3) Langkah ke tiga ini adalah tahapan menggunakan aplikasi Score Creator di Handphone siswa masing-masing. 4) Pada tahapan inilah pelatih atau guru dapat mengklarifikasi kepada siswa tentang Notasi sebuah lagu. 5) Langkah berikutnya adalah tahapan  “Imitation 6) Langkah terakhir yakni siswa dapat mengulang-ulang memutar “Play” dan (menirukan) bunyi terjemahan Notasi pada aplikasi Score Creator secara mandiri. Kata Kunci : Score Creator,Transposis ( Transfer, Translation, Imitate), Notasi Musik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sitakara

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Sitakara Journal provides a forum to publish original research-based articles related to art education dan culture. Those scientific articles are the ones which discusses culture art and philosophy of art, curriculum, methodology, teaching and learning media, learning approaches, comparison, ...