Journal of Economics Research and Social Sciences
Vol 1, No 2 (2017)

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Modal Kerja UMKM pada Bank Umum Syariah di Indonesia (Periode Juni 2014-November 2016)

Indrawati, Eni (Unknown)
Basuki, Agus Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh NPF, DPK, Inflasi, dan Margin terhadap Pembiayaan Modal Kerja UMKM pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Variabel dependen yang digunakan adalah PMK (Pembiayaan Modal Kerja) dan variabel independen yang digunakan adalah Non Performing Financing (NPF), Dana Pihak Ketiga (DPK), Inflasi, dan Margin. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data bulanan selama periode 2014:06-2016:11 yang bersumber dari OJK dan BPS. Alat estimasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Vector Error Correction Model (VECM) menggunakan Eviews 7.2. Hasil estimasi menunjukkan bahwa dalam jangka pendek variabel PMK itu sendiri dan variabel Margin berpengaruh signifikan terhadap Pembiayaan Modal Kerja UMKM pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Sedangkan variabel NPF, DPK, dan Inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap PMK. Dalam jangka panjang, hasil estimasi menunjukkan bahwa semua variabel yaitu NPF, DPK, Inflasi dan Margin berpengaruh signifikan terhadap PMK. Hasil estimasi VECM dalam penelitian ini juga menghasilkan analisis IRF (Inpulse Respon Function) dan VDC (Variance Decomposition). Hasil IRF dari penelitian ini menyatakan bahwa NPF, Inflasi, dan Margin memberikan respon negatif terhadap PMK sedangkan DPK memberikan respon yang positif terhadap PMK. Berdasarkan hasil VDC, PMK memberikan kontribusi terbesar terhadap pembentukan PMK itu sendiri.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jerss

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JERSS merupakan jurnal ilmiah yang dikelola Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal ini berisikan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh mahasiwa-mahasiswa dan berkolaborasi dengan para dosen dalam bidang studi ilmu ekonomi pembangunan. ...