Jurnal Kepariwisataan
Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan

PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN HOTEL (Studi Kasus Hotel Bintang 4 dan 5 di Destinasi Wisata Jawa Barat)

Harahap, Zulkifli (Unknown)
Eka Mahadewi, Ni Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2017

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini didasarkan pada fenomena yang ada dimana kinerja karyawan yang belum optimal sehingga kualitas pelayanan hotel belum optimal pada saat ini.Adapun yang menjadi faktor utama rendahnya kinerja karyawan adalah tingkat kepuasan kerja karyawan dalam bekerja masih rendah.Berdasarkan penelitian awal, rendahnya kepuasan kerja lebih disebabkan komunikasi yang belum optimal di hotel bintang 4 dan 5 di Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji Pengaruh komunikasi terhadap Kepuasan Kerja di Hotel bintang 4 dan 5 di Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif, metode peneltian yang digunakan descriptive survey dan exlanantory survey. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah karyawan tingkat manajer Hotel bintang 4 dan 5 di Jawa Barat sebanyak 199 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung komunikasi terhadap Kepuasan Kerja sebesar 4,96 persen. Secara simultan pengaruh varabel bebas terhadap Kepuasan Kerja sebesar 4,96 persen sisanya sebesar 95,4 persen merupakan factor lain yang tidak diteliti namun turut mempengaruhi Kepuasan Kerja.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpar

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal of Tourism Studies (Jurnal Kepariwisataan/JPAR) is aimed to spread critical analysis from researchers and academic practitioners on various travel and tourism issues local, national and internationally. The writing is published after undergoing a peer-review process by providing an exclusive ...