Jurnal Inersia
Vol 9, No 1 (2017): jurnal Inersia

PENGARUH PERENDAMAN TERHADAP PENURUNAN KEKESATAN AKIBAT PROSES KEAUSAN PADA CAMPURAN AC-WC MENGGUNAKAN AGREGAT BATU KAPUR

Ashadi Putrawirawan (Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Samarinda)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2020

Abstract

Syarat  utama  lapis  perkerasan  jalan  adalah  aman,  nyaman,  dan ekonomis. Kekesatan permukaan perkerasan jalan dapat mempengaruhi  keselamatan dan kenyamanan  pengguna  jalan.  Untuk itulah dalam penelitian ini dibuat alat uji  keausan modifikasi yang merupakan simulasi dari keadaan yang nyata di  lapangan, akan tetapi belum bisa memprediksi dengan tepat nilai kekesatan sesuai dengan keadaan nyata di jalan raya. Lapis aus yang digunakan adalah lapis Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya nilai keausan lapis AC-WC dan besarnya nilai kekesatan permukaan perkerasan setelah digesek (polish) sebanyak 0, 500, 1000, 1500, 2000, dan 2500 putaran antara benda uji dengan agregat kasar batu kapur yang dilakukan perendaman selama 2x24 jam pada suhu 60°C dan tanpa dilakukan perendaman.Penelitian ini dilakukan dengan cara membuat benda uji yang terdiri dari lima benda uji yang dilakukan perendaman selama 2x24 jam pada suhu 60°C dan lima benda uji tanpa dilakukan perendaman, sehingga total benda uji sebanyak sepuluh buah. Kemudian dilakukan pengujian keausan dengan alat uji keausan modifikasi dan menguji kekesatan dengan alat British Pendulum Tester (BPT) pada putaran 0, 500, 1000, 1500, 2000 dan 2500 rotasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai kekesatan, Benda uji tanpa perendaman nilai kekesatannya adalah 72,8; 64,0; 58,4; 54,2; 51,6 dan 49.6 sedangkan pada benda uji yang dilakukan perendaman selama 2 x 24 jam pada suhu 60°C nilai kekesatannya adalah 71,6; 65,2; 59,6; 53,6; 47,0 dan 43,6. Selisih nilai kekesatan antara kedua benda uji tidak terlalu besar, kemudian rotasi maksimum benda uji tanpa perendaman adalah  2741 rotasi sedangkan benda uji dengan dilakukan perendaman adalah 2372 rotasi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

inersia

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Transportation

Description

Jurnal Inersia memuat tulisan tentang aplikasi dibidang teknik sipil. Aplikasi ini berasal dari berbagai bidang ilmu teknik sipil yaitu Bidang struktur, Transportasi, Geoteknik, Manajemen Konstruksi dan ...