Information Science and Library
Vol 1, No 1 (2020): Juni

Persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Semarang

Agung Budiyanto (UPT Perpustakaan Universitas Semarang)
Ary Setiyadi (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Ada informan sebayak 4 (empat) orang. Jenis dan suber data penelitian yang digunakan  ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 (tiga) cara yaitu wawancara, pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh menujukan bahwa sikap pustakawan yang bertugas : 1) Mempunyai sikap ramah, dan cepat tanggap terhadap pemustaka. 2) Mempunyuai Sikap tanggung jawab sudah dijalankan dengan baik oleh pustakawan. 3) Menggunakan bahasa yang  baik dan dapat dimengerti oleh pemustaka. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa sikap yang ditunjukan oleh pustakawan sudah baik dalam memberikan layanan kepada pemustaka.The purpose of this study is to find out how the perception of users of the attitude of librarians at UPT Library of the University of Semarang. The method used in this research is qualitative with the type of case study research. There are informants as much as 4 (four) people. The type and suber of research data used are primary and secondary data sources. Data collection techniques using 3 (three) ways, namely interviews, observation (observation) and documentation. While the analysis of the data used in this study is the analysis of Miles and Huberman. The results obtained indicate that the attitude of the librarians in charge: 1) Has a friendly attitude, and is responsive to users. 2) Conquering the attitude of responsibility has been carried out well by the librarian. 3) Use good language and can be understood by users. Overall it can be concluded that the attitude shown by the librarian is good in providing services to the visitors

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jisl

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT

Description

Jurnal Information Science and Library e-ISSN : 2723-2778 DOI : http://dx.doi.org/10.26623/jisl.v1i1 adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Perpustakaan Universitas Semarang, jurnal ini melingkupi bidang ilmu antara lain: Rekayasa perangkat lunak (Software Engineering) Pembelajaran Berbasis ...