Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan
Vol. 6 No. 1 (2018): Vol 6. No.1 Januari 2018

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI DENGAN KETERAMPILAN PRAKTIK KLINIK GAWAT DARURAT TINGKAT III AKADEMI KEPERAWATAN INSAN HUSADA SURAKARTA

Suminar, Saka (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2018

Abstract

Ketrampilanperawat yang mampu menunjang tercapainya visi dan sekaligus sebagai penciri kelulusan dari Akademi Keperawatan Insan Husada Surakarta sebagai profesi perlu untuk meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya dengan dikembangkanya berbagai metode pembelajaran mata kuliah Gawat Darurat (Gadar) dalam kurikulum Pendidikan Diploma III Keperawatan . Mata kuliah Gawat Darurat memberikan kemampuan untuk melaksanakan keterampilan dasar praktek Keperawatan Gawat Darurat yang meliputi: RJP, nafas buatan, mengeluarkan benda asing, membebaskan jalan nafas, initial assesment /pengkajian pasien gawat darurat, menghentikan perdarahan, transportasi pasien gawat darurat, keracunan. Tujuan :Menganalisis hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar dengan ketrampilan praktik klinik Gawat Darurat mahasiswa tingkat III Akademi Keperawatan Insan Husada Surakarta Metode Penelitian : Penelitian dilaksanakan di Akper Insan Husada Surakarta, Populasi Penelitian 84 Mahasiswa tingkat IIIyang telah mendapatkan materi Gawat Darurat. Jenis Penelitian Deskriptif Analitik dengan rancangan Cross Sectional. Analisis uji statistik menggunakan Spearman Rank. Teknik Sampling dengan Exhautitive Sampilingdan instrumen penelitian menggunakan ceklist yang merupakan sop institusi Hasil :Hasil analisis menunjukkan p; 0.001 dan R; 0,402 sehingga menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan hubungan motivasi (b = 0,16 CI 95% 0,11 hingga 0,20) dan prestasi belajar mahasiswa (b = 0,33 CI 95% 0,07 hingga 0,65) terhadap Praktik klinik keperawatan gawat darurat. Kedua variabel tersebut mampu menjelaskan tentang Praktik klinik Gawat Darurat sebesar 60,3%. Model tersebut secara keseluruhan signifikan secara statistik dengan melihat nilai pada koofisien kostanta. Kesimpulan :Terdapat hubungan positifsecara statistic yang signifikan antara motifasi belajar dan prestasi belajar dengan ketrampilan praktik klinik gawatdarurat mahasiswa tingkat III Akademi Keperawatan Insan Husada Surakarta.Kata Kunci :Gawat Darurat, Prestasi Belajar, Motivasi belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

insada

Publisher

Subject

Nursing

Description

Intan Husada Jurnal Ilmiah Keperawatan menerbitkan tentang informasi ilmu yang berkenaan dengan ilmu kesehatan khususnya ilmu keperawatan, yang dapat digunakan dalam rangka pembelajaran pada jenjang Perguruan Tinggi ...